Tips Menjaga Kesehatan Paru – Paru

paru

Paru-paru adalah organ pada sistem pernafasan dalam bahasa kedokteran disebut “respirasi” dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernafas dengan udara.
Fungsi paru-paru adalah Sebagai alat penukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah, prosesnya disebut “pernafasan eksternal” atau bernafas.

Dalam kehidupan sehari-hari, bernafas merupakan rutinitas yang tak dapat kita tinggalkan satu menit pun. Apabila nafas terhenti maka terhentilah kehidupan kita, oleh sebab itu memiliki paru- paru yang sehat tentu memiliki kemungkinan untuk hidup lebih lama. Untuk itu perawatan terhadap paru-paru harus dilakukan sejak dini untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru. Penyakit paru- paru dan jantung merupakan faktor terbesar kematian manusia saat ini, seiring dengan berkembangnya zaman kini udara yang kita hirup untuk bernafas sudah mulai kotor akibat polusi yang semakin berisiko bahaya, oleh sebab itu waspada sejak dini merupakan kunci terbaik untuk menjaga paru- paru agar tetap sehat.

Mengingat fungsi paru paru yang sangat penting bagi tubuh , maka akan bijak rasanya kalau kita menjaga kesehatan paru paru demi kesehatan kita . Ada beberapa cara yang dapat diterapkan untuk merawat fungsi kerja paru paru yaitu :

BERHENTI MEROKOK
Kebanyakan ahli kesehatan penyakit dalam (Internis) menganjurkan kepada setiap perokok  untuk berhenti merokok, karena rokok memiliki kandungan bahan kimia yang sangat berbahaya, seperti :

Nikotin : nikotin merupakan kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
Tar : terdiri dari 4.000 lebih bahan kiimia, 60 diantaranya bersifat “karsinogenik” (Sifat mengendap dan merusak)
Sianida: Senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
Benzene atau bensol : senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
Cadmium : sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
Metanol : Alkohol paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
Asetilena : senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.
Mengutip dari pernyataan Dr Edelman “Tidak ada batas yang aman ketika seseorang merokok, dan semakin sering ia merokok maka risiko paru-parunya semakin rusak akan semakin besar”.

JAGA KEBERSIHAN UDARA
Udara yang bersih akan mengurangi risiko paru-paru terkontaminasi benda asing dari luar yang bisa merusaknya. menciptakan kebersihan udara dapat kita siasati dengan cara

Menggunakan masker atau penyaring udara saat keluar rumah.
Hentikan membakar sampah atau kayu di sekitar rumah.
OLAHRAGA RUTIN
Semakin baik kebugaran tubuh seseorang maka akan memudahkan paru-paru untuk menjaga jantung dan otot yang mensuplai oksigen.

TINGKATKAN KUALITAS UDARA DALAM RUANGAN
Udara dalam ruangan juga bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru anda. untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dapat anda lakukan dengan cara membersihkan setiap benda yang ada, seperti karpet, gorden, dll. selain itu penggunaan lilin yang berlebihan dan penggunaan pewangi ruangan yang mengandung bahan kimia berbahaya juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru anda. oleh karena itu pandailah dalam memilih penyegar ruangan. jangan lupa untuk meberikan ventilasi untuk pertukaran udara yang masuk ke dalam ruangan.

MENGKONSUMSI MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI
Terbukti bahwa makanan yang mengandung anti oksidan merupakan sumber yang baik untuk paru-paru. Antioksidan bisa didapat dari sayuran dan buah. Tetapi sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau, karena sayuran yang berdaun hijau memiliki banyak antioksidan dan memiliki efek perlindungan.

Demikianlah tips cara menjaga kesehatan paru-paru yang dapat Admin berikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tentang tips cara menjaga kesehatan paru-paru, apabila pembaca memiliki pengetahuan lain yang telah dituliskan oleh Admin, silahkan informasikan pengetahuan tersebut pada kolom komentar, demi terciptanya indonesia sehat.

Sumber :

http://tipzkesehatan.com/5-tips-menjaga-kesehatan-paru-paru.html

Tentang Rivaldy Arief Wicaksono

Mahasiswa S1 Akuntansi - Universitas Gadjah Mada
Pos ini dipublikasikan di IPA, Tips Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar